Blog

February 11, 2013

Workshop PKBM berbasis kewirausahaan se-Kabupaten Karimun Tahun 2013

Dinas Pendidikan Selasa 12 Februari 2013. Tak dapat dipungkiri bahwa masyarakat secara menyeluruh semuanya menginginkan dan berusaha untuk mendapatkan dan mencari pekerjaan, padahal antara lapangan pekerjaan dan jumlah pengangguran perbandingannya lebih banyak pengangguran, dan pada hakekat yang sesungguhnya seharusnya kita menciptakan lapangan pekerjaan dari pada mencari lapangan pekerjaan karena itu salah satu cara untuk mengurangi pengangguran.

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan satuan pendidikan non formal masyarakat tempat pembelajaran dan sumber informasi yang dibentuk dan dikelola oleh masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan potensi setempat untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap masyarakat dalam bidang ekonomi, sosial budaya.

Munculnya suatu wadah yang mengayomi pendidikan dan keterampilan seperti PKBM sangatlah dibutuhkan dan sangat menguntungkan bagi masyarakat, dan salah satunya dapat berwirausaha. Apa itu kewirausahaan? Sesungguhnya wirausaha memiliki pengertian kurang lebih mampu berusaha sendiri tanpa tergantung dengan orang lain dan tangguh dalam menghadapi cobaan. Dan orang yang melakukan wirausaha disebut wirausahawan.

Dan itu salah satu upaya PKBM dalam memberikan pendidikan dan menciptkan masyarakat untuk berwirausaha berdasarkan undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan dan pengusaan ilmu pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap juga kepribadian profesional.

Atas dasar itu Dinas pendidikan Kabupaten Karimun melalui Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal mengadakan kegiatan “Workshop PKBM berbasis kewirausahaan se-Kabupaten Karimun Tahun 2013 dari tanggal 12 sampai dengan 14 Februari 2013 bertempat di Wisma Karimun Tanjung Balai Karimun.

Adapun Narasumber Kegiatan ini diisi oleh Bapak Agus dari PKBM Bandung dan Pak Harris Fadillah, S.Ag sebagai narasumber lokal.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan pengelola PKBM dalam mengelola lembaga PKBM berbasis Kewirausahaan serta menjadikan lembaga PKBM untuk bisa membuat kegiatan yang berbasis kewirausahaan dan menghasilkan wirausaha yang tangguh.

 

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *