Blog

February 11, 2013

Sosialisasi Penilaian Kinerja Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Kabupaten Karimun tahun 2013

Dinas Pendidikan Selasa 12 Februari 2013, Sejak ada Kebijakan pemerintah dalam pembangunan pendidikan nasional yang diarahkan pada tiga pilar kebijakan, yakni 1) Pemerataan dan perluasan akses: 2) Mutu, relevansi dan daya saing; 3) Governance, akuntabilitas dan pencitraan publik Maka kebijakan tersebut khususnya berkaitan dengan peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing, tentu harus dilakukan penilaian terhadap Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP)

Penilaian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi yang akurat tentang kinerja lembaga, sehingga dapa terindentifikasi LPK atau LKP berdasarkan kinerja yang dicapainya di lapangan. Lebih lanjut agar dapat diklasifikasi dalam kategori A,B,C dan D, sehingga sesuai dengan tujuan penilaian kinerja tersebut. Untuk itu Direktorat Jendral Pendidikan Nonformal dan Informal, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Melalui Ditbinsus telah menetapkan program pembinaan manajemen kursus sehingga lembaga yang memiliki kinerja, khususnya C dan D diharapkan dapat memperbaiki sistem manajemen mutu oprasional LKP yang lebih baik.

Olah karena itu dinas Pendidikan melalui bidang Pendidikan Usia Dini,Nonformal dan Informal (PAUDNI) mengadakan Kegiatan “Sosialisasi Penilaian Kinerja Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Kabupaten Karimun tahun 2013” yang diadakan di Wisma Karimun tanjung balai Karimun dilaksanakan pada tanggal 12 s/d 14 Februari 2013.

Tujuan dari Program pembinaan manajemen lembaga kursus dan pelatihan (LKP) :

 

  1. Membantu para pengelola LKP untuk meningkatkan kualitas mutu dan manajemen sehingga mampu menghasilkan output pendidikan kursus dan pelatihan yang berkualitas.
  2. Kompeten dan dapat memenuhi kebutuhan dan syarat untuk mencari kerja atau membangun data

Peningkatan kualitas Manajemen pengelolaan Lembaga Kursus dan Pelatiahan (LKP) ini selaras dengan 5 prinsip kebijakan pembangunan pendidikan nasional dalam penyelenggaraan pendidikan nasional:

  1. Ketersediaan berbagai program layanan pendidikan;
  2. Biaya pendidikan yang terjangkau bagi seluruh masyarakat;
  3. Semakin berkualitasnya setiap jenis dan jenjang pendidikan;
  4. Tidak adanya perbedaan layangan pendidikan ditinjau dari berbagai segi; dan
  5. Jaminan lulusan untuk melanjutkan dah keselarasan dengan dunia kerja.

Yang menjadi Narasumber dalam kegiatan kali ini adalah ibu Parida Hanum dari BP PAUD NI Regional 1 Medan dan Dra. Riza Kurniati dari Dinas Pendidikan Kab.Karimun sebagai narasumber lokal.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *