Blog

May 26, 2012

Pelatihan Pemantapan Kemampuan Asesor Akreditasi Sekolah

Dinas Pendidikan Kab.Karimun selasa (23/5), Bertempat di ruang pertemuan hotel Erison telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Pemantapan Kemampuan Asesor Akreditasi Sekolah dilaksanakan oleh Bidang Program dan Evaluasi Pendidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun dan bekerja sama dengan BAP-S/M dalam penyelenggaraannya dibantu oleh panitia penyelenggara.

Yang melatarbelakangi kegiatan ini yaitu Akreditasi Sekolah adalah suatu kegiatan penilaian kelayakan suatu Sekolah berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dan dilakukan oleh BAN-S/M. Dalam rangka pelaksanaan akreditasi tahun 2012, BAN-S/M telah mengembangkan instrumen TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (8 SNP).

Agar instrumen tersebut dapat digunakan sesuai dengan ketentuan, perlu diadakan sosialisasi dan pelatihan bagi para asesor. Pelatihan di setiap Provinsi dilaksanakan oleh BAP-S/M dengan materi dan pelatih (trainer) yang telah lulus TOT tingkat nasional.

Dalam rangka mempersiapkan asesor di setiap provinsi, perlu diselenggarakan pelatihan, sehingga pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah dapat terlaksana sesuai ketentuan.

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini agar Asesor Sekolah/Madrasah Mampu Menjelaskan tentang kebijakan, mekanisme akreditasi, dan penggunaan perangkat akreditasi TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK / MAK, dan SLB, Melaksanakan praktik akreditasi TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, dan SLB melalui kunjungan lapangan dan pengolahan hasil penilaian serta Membekali asesor tentang pelaksanaan visitasi sebagai bagian integral dari akreditasi sekolah/madrasah

Peserta Kegiatan ini berjumlah 27 Orang yang berasal dari Pengawas Satuan Pendidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun

Adapun narasumber yang mengisi kegiatan ini adalah Bpk. Drs. Said Fauzul ( Ketua Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah Provinsi Kepulauan Riau ) dan Bpk. Ruspan Namu ( Pengurus BAP Kepulauan Riau )

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *