Blog

February 20, 2012

Rapat Kerja Pembangunan Pendidikan Kabupaten Karimun Tahun 2012

Tanjung Balai Karimun, sabtu 18 Februari 2012, Perencanaan pembangunan pendidikan merupakan suatu proses untuk memilih  dan menentukan tindakan masa depan yang  tepat, dengan memperhatikan prioritas serta mengoptimalkan sumber daya yang tersedia. Dengan demikian proses pembangunan pendidikan akan menjadi efektif dan efisien guna mencapai kemakmuran dan kemashlahatan bersama Perencanaan pembangunan tahunan sebagai bagian dari rencana jangka menengah dan jangka panjang, perlu sinergi antara pusat dan daerah Melatarbelakangi hal-hal diatas dan mengingat pentingnya perencanaan pembangunan pendidikan Kabupaten Karimun disusun secara baik dan taat asas, maka Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun melalui Bidang Program dan Evaluasi Pendidikan melaksanakan “Rapat Kerja Pembangunan Pendidikan Kabupaten Karimun tahun 2012”.

Tujuan dilaksanakan rapat kerja ini adalah untuk koordinasi dan sinkronisasi antara Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun dalam melaksanakan kebijakan pendidikan  nasional dalam rangka meningkatkan layanan pendidikan yang berkualitas dan terjangkau oleh semua, menyusun informasi dan masukan bagi Dinas Pendidikan dalam membuat dan menerapkan kebijakan pengelolaan pendidikanbagi masyarakat dan pembangunan pendidikan secara keseluruhan di Kabupaten Karimun serta menyusun dokumen perencanaan pembangunan Pendidikan dalam bentuk Dokumen Rencana Kerja  (Renja) Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun,yang pembiayaannya akan diusulkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanjan Daerah (APBD) Kabupaten Karimun, Anggaran Pendapatan dan  Belanja Daerah (APBDP) Provinsi Kepulauan Riau dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2013.

Rapat Kerja Pembangunan Pendidikan Kabupaten Karimun tahun 2012 dihadiri  sebanyak 220 orang yang terdiri dari Pengawas Satuan Pendidikan sebanyak 26 orang, Kepala UPTD Pendidikan 5 orang, Kepala TK 13 orang, Kepala SD 120 orang, kepala SMP 39 dan Kepala SMA/SMK sebanyak 17 orang.

Pelaksanaan Rapat Kerja Pembangunan Pendidikan Kabupaten Karimun tahun 2012 ini di buka oleh Bupati Karimun Dr.H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Msi di gedung serbaguna Kantor Bupati Karimun. Kegiatan ini kemudian diisi dengan ceramah umum yang disampaikan oleh Dr. Ir. Bima Haria Wibisana, MSIS ( Deputi Bidang  Monev dan Pengembangan Sistem Informasi LKKP )  dengan judul “Perencanaan, Perubahan Lingkungan Strategis dan masa depan”. Dan di lanjutkan dengan diskusi panel degan narasumber Tatang Muttaqin S.Sos, M.Ed (Kasubdit Pendidikan Tinggi dari Direktorat Agama dan Pendidikan BAPPENAS) dengan judul paparan ”Perencanaan dan Kebijakan Pendidikan Nasional 2012”, Drs.Muhammad Dalli.MM, yang memawikili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulaun Riau dengan Materi “Pembangunan Pendidikan Provinsi Kepulaun Riau Dalam Pencapaian Millenium Development Goals (MDG’s), Dr.H.T.S. Arif Fadillah, S.Sos, M.Si ( Kepala Bappeda Kabupaten Karimun ) dengan materi paparan “Pendidikan Sebagai Pilar Pembangunan dalam Pencapaian Visi Kabupaten Karimun”, H. Harris Fadillah (Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun) dengan paparan materi “Peranan Penting Pendidikan Karakter Dalam Pembangunan Kabupaten Karimun dan Ir.Ruffindy Alamsjah, M.App.Sc (Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Karimun) dan Dra. Syarifah Normaria, M.Si (Sekretaris Dinas Pendidikan Kab.Karimun) sebagai Moderator, Kegiatan di lanjutkan dengan Sidang Kelompok untuk membahas Program-program serta usulan-usulan dari tiap-tiap jenjang satuan pendidikan,kepala UPTD serta satuan Pengawas Pendidikan, untuk mendapatkan rumusan program-program kedepan yang dibahas dalam sidang pleno.

 

 

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *