Blog

May 13, 2014

Pelatihan Kepala Labor Bahasa Dikmen Se-Kabupaten Karimun

Fakta menunjukkan bahwa bangsa yang kuat dan berjaya di muka bumi ini, adalah bangsa yang menyasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini menjadi pergeseran paradigma kekuatan dan kejayaan suatu negera dari resourced based bergeser ke knowledge based. Implikasi dari pergeseran paradigma tersebut adalah, negara dan bangsa manapun yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi apalagi ditunjang oleh kepemilikan sumber daya alam, maka akan menjadi negera yang kuat dan berjaya dalam hampir semua aspek kehidupan. Persaingan antar negara untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi memerlukan sumber daya manuasia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

 

Oleh karena itu Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun memandang perlu diadakannya Pelatihan Kepala Labor Bahasa Pendidikan Menengah  sesuai dengan Permendiknas No.26 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Laboratorium Sekolah/Madrasah seorang kepala laboratorium  perlu adanya Kualifikasi, standar Kompetensi dan sertifikasi Kualifikasi Kepala Laboratorium Sekolah/Madrasah menurut Permendiknas melalui jalur guru antara lain :

  1. Pendidikan minimal sarjana (S1).
  2. Berpengalaman minimal 3 Tahun Sebagai pengelola praktikum
  3. Memiliki sertifikat Kepala Laboratorium Sekolah/Madrasah dari perguruan tinggi atau lembaga lain yang ditetapkan oleh pemerintah

Kompetensi utama yang harus dipenuhi sesuai dengan Permendiknas No. 26 tahun 2008 tersebut adalah :

  1. Kompetensi Kepribadian
  2. Kompetensi Sosial
  3. Kompetensi Manajerial
  4. Kompetensi Profesional

Guna menindaklanjuti Permendiknas No.26  tahun 2008 maka Dinas Pendidikan Melalui Bidang Sumber daya Manusia Pendidikan ( SDMP) melaksanakan  “Pelatihan Kepala Labor Bahasa Dikmen Se-Kabupaten Karimun”.

Tujuan Kegiatan antara lain :

  1. Meningkatkan cinta labor bahasa kepada masyarakat sekolah
  2. Membekali peserta dengan kempuan dalam pengelolaan labor bahasa sekolah secara profesional.
  3. Mememperkenalkan teknologi pengelolaan labor bahasa sekolah.
  4. Melatih kemampuan dasar pengelolaan labor bahasa sekolah.

Jumlah Peserta Pelatihan ini sebanyak 20 Orang dan dilaksanakan dari 11 sampai 13 Mei 2014 dan dilaksanakan di Wisma Karimun.
Narasumber dalam Pelatihan Kepala Labor Bahasa Dikmen Se-Kabupaten Karimun Tahun 2014 ini adalah tenaga yang berkompeten yang berasala dari PPPPTK Bahasa Jakarta yaitu Dra. Elita Burhanuddin.

 

 

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *