Blog

May 5, 2013

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tingkat Provinsi Kepulauan Riau IX

Dinas Pendidikan, Senin 6 Mei 2013 Gubernur Kepulauan Riau H.Muhammad Sani membuka kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tingkat Kepulauan Riau IX. Bapak Gubernur beserta rombongan sampai di lokasi kegitan di SMKN 1 Karimun yang beralamat di Bati – Tebing, Karimun. Turut dalam rombongan Gubernur ini adalah Sekda Provinsi Kepri DR. H. Suhajar Diantoro, Kepala Dinas Provinsi Kepri Drs. H. Yatim Mustafa, M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Drs. Muslim Bidin, M.M., Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau Iskandarsyah. Kegiatan ini juga di hadiri oleh Bupati Karimun DR. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si. beserta Wakil Bupati H. Aunur Rafiq S.Sos, M.si, Kepala Bappeda Kab. Karimun Dr. H.T.S Arif Fadillah, S.Sos, M.Si dan Kepala Dinas pendidikan Kab. Karimun  M.S. Sudarmadi, S.Pd., M.M.

Kegiatan diawali dengan kata sambutan oleh Bapak Bupati Karimun diteruskan dengan pemberian dan penyerahan secara simbolis alat-alat keselamatan kerja oleh PT. Saipem Indonesia Karimun Branch kepada siswa SMKN 1 yang di wakili oleh Ibu Diko Getty Tuerah, STP dan dilanjutkan dengan penandatangangan Mou tentang Sistem Pendidikan Ganda (SPG) oleh pihak Asli Motor dengan SMKN 1 Karimun serta Adabi dari Malaysia dan Aston City Hotel kepada pihak SMKN 2 Karimun.

Acara Pembukaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tingkat Provinsi Kepulauan Riau IX ini dilanjutkan dengan kata sambutan Gubernur Provinsi Kepulauan Riau sekaligus membuka secara resmi yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Bapak Gubernur Kepri H. Muhammad Sani.

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK merupakan salah satu wahana yang tepat dan efektif guna menguji kualitas penyelenggaraan pendidikan di masing-masing lembaga SMK Se-Provinsi Kepulauan Riau yang secara rutin dilaksanakan.  Oleh karena itu diperlukan kejelasan arah lulusan SMK melalui lomba kompetensi siswa untuk mempromosikan siswa-siswi SMK kepada dunia usaha dan dunia industri. Diharapkan dengan kegiatan LKS-SMK ini dapat meningkatkan mutu SMK dan mutu kelulusan di Provinsi Kepulauan Riau.

 

LKS SMK Tingkat Provinsi Kepulaua Riau IX diharapkan dapat:

Mengukur pencapaian kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Provinsi Kepulauan Riau dibandingkan standar baku yang berlaku secara Nasional maupun Internasonal.

  • Merencanakan program pengembangan dan pembinaan SMK kearah peningkatan kualitas dan relevans itamatan terhadap kebutuhan masyarakat, pengembangan dan pembinaan meliputi program dan sistem pembelajaran, sumber daya Manusia dan sumber daya fasilitas.
  • Menyusun peringkat peserta yang selanjutnya dijadikan dasar untuk seleksi calon peserta lomba yang akan mewakili Provinsi Kepulauan Riau dalam mengikuti lombatingkat Nasional.
  • Mengukur dan memantau peta kualitas siswa sesuai dengan kompetensi keahliannya.
  • Mempromosikan kompetensi lulusan Sekolah Menengah Kejuraan kepada dunia usaha dan dunia industri sebagai pengguna tenaga kerja.

Peserta LKS – SMK adalah siswa siswi aktif dari SMK Negeri dan SMK Swasta Se-Provinsi Kepulauan Riau sesuai bidang kompetensi keahlian yang diikuti. Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa SMK Se–Provinsi Kepulauan Riau IX ini dilaksanakan di SMKN 1 Karimun, SMK Yaspika dan juga di PT. SIKB dari tanggal 6 s/d 9 Mei 2013

Kompetensi yang dilombakan Terdiri dari 20 Bidang Lomba :

Bidang Studi Keahlian Teknologi Rekasaya Lokasi Lomba

1. Automobile Technology SMKN 1 Karimun

2. Welding SMKN 1 Karimun

3. Electrical Instalation SMKN 1 Karimun

4. Brick Laying SMKN 1 Karimun

5. Wall and Floor Tilling SMKN 1 Karimun

6. Auto CAD SMKN 1 Karimun

7. CADD(Compoter Aided Drawing & Design) SMKN 1 Karimun

8. Electronic Application SMKN 1 Karimun

Bidang Studi Keahlian Teknologi Informasi Dan Komunikasi :

9. Graphic Design Technologi SMKN 1 Karimun

10. Web Design SMKN 1 Karimun

Bidang Studi Keahlian BisnisManajemen :

11. Marketing SMK Yaspika

12. Accounting SMK Yaspika

Bidang Studi KeahlianAgribisnis / Agrotechnologi :

13. Fishery SMKN 1 Karimun

14. Secretary SMK Yaspika

15. CNC Milling SMKN 3 Tg. Pinang

16. Production Machine SMKN 3 Tg. Pinang

17. Animation SMKN 3 Tg. Pinang

18. Hotel Accomodation SMKN 2Tg. Pinang

19. Tourist Industry SMKN 2Tg. Pinang

20. Ladies Dress Making SMKN 2Tg. Pinang

 

Adapun Jadwal LKS – SMK Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2013

 

HARI / TANGGAL

KEGIATAN

TEMPAT

MINGGU/ 5 MEI 2013

CHECK IN PESERTA DAN PEMBIMBING LKS SMK

HOTEL

SENIN/ 6 MEI 2013

PEMBUKAAN LKS – SMK KEPRI 2013

SMK NEGERI 1 KARIMUN

SELASA/ 7 MEI 2013

LOMBA LKS – SMK

SMK NEGERI 1 KARIMUN

SMK YASPIKA KARIMUN

RABU / 8 MEI 2013

LOMBA LKS – SMK

SMK NEGERI 1 KARIMUN

SMK YASPIKA KARIMUN

KAMIS / 9 MEI 2013

PEMBAGIAN HADIAH dan PENUTUPAN LKS – SMK KEPRI 2013

SMK NEGERI 1 KARIMUN

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *