Blog

May 1, 2013

Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2013 di Kabupaten Karimun

 

Tanjung Balai Karimun, Kamis 2 Mei 2013. Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2013 di Kabupaten Karimun ditandai dengan pelaksanaan Upacara dan Penaikan Bendera Sang Merah Putih. Upacara ini sendiri dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Karimun, Poros – Tanjung Balai Karimun. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Bupati Karimun, Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos., M.Si. Dalam amanatnya, Bupati Karimun membacakan Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Adapun tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2013 adalah “Meningkatkan Kualitas dan Akses Berkeadilan.”

Upacara dimulai dari pukul 08.00 wib sampai selesai dan selama pelaksanaan upacara bendera berjalan cukup hidmat. Pasukan pengibar bendera pada upacara bendera kali ini adalah pasukan pengibar bendera yang berasal dari siswa-siwa SMAN 1 Karimun, SMAN 2 Karimun, SMAN 3 Karimun dan SMAN 4 Karimun.

 

Pada upacara bendera ini juga dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan kepada pensiunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) penyelenggara program pemberantasan Buta Aksara pada Masyarakat Komunitas adat terpencil di Kabupaten Karimun dan Penyerahan secara simbolis beasiswa dari PT. JAMSOSTEK pada anak karyawan. Penyerahan dilakukan oleh Bupati Karimun dan didampingi oleh Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (FKPD), Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, M.S. Sudarmadi, S.Pd., M.M.

 

 

 


Setelah berakhirnya Upacara Bendera, dan sejalan dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2013 ini, juga dilaksanakan serah terima pekerjaan pembangunan dan peresmian Kantin Sehat dan Lapangan Sepak Bola di SMAN 3 Karimun dari PT Saipem Indonesia Karimun Branch (PT. SIKB) Kepada Bupati Karimun. Sejak kehadiran PT SIKB di Kabupaten Karimun dan mulai beroperasi untuk kegiatan produksi pada tahun 2011, PT. SIKB mempunyai komitmen yang besar melalui inisiatif berkelanjutan pada semua sektor salah satunya adalah memaksimalkan sumber daya manusia lokal dengan membangun kerjasama di dunia pendidikan melalui satu proyek besar yaitu program pengembangan pendidikan karimun berkesinambungan yang dinamakan “an investment today for our recruitment tomorrow‐berinvestasi hari ini untuk rekrutmen masa depan”. Untuk menunjang inisiatif ini adalah melalui peningkatan sistem pendidikan disegala tingkatan (dari sekolah dasar, menengah pertama dan menengah akhir) agar bisa tumbuh bersama-sama dengan PT. SIKB.

Dalam sambutannya, Sustainanability Coordinator PT. SIKB, Diko Getty Tuerah, STP menyampaikan bahwa proyek berkesinambungan ini pada prinsipnya adalah meningkatkan beberapa fasilitas yang ada di sekolah, memberikan pelatihan dan kampanye kesadaran di sekolah-sekolah yang berada di Desa Pangke . Inisiatif ini dimulai pada pertengahan tahun 2011 dan telah selesai pada akhir 2012 dengan rincian sebagai berikut : 1) Pengadaan 2 unit LCD Projector untuk SDN 008 Pangke Barat; 2) Pengadaan 30 unit komputer teknologi terbaru dilengkapi meja dan kursi untuk SMPN 003 Meral; 3) Pengadaan 7 unit mesin dan peralatan pengelasan serta 30 set alat perlindungan diri (APD) untuk SMKN 1 Karimun; dan 4) Pembangungan Kantin Sehat dan Lapangan bola untuk SMAN3 Meral. Adapun total proyek senilai Rp. 781.350.321,‐

Selain itu, inisitaif berkesinambungan dari PT SIKB tidak hanya sampai di sini tetapi masih terus membuat program untuk mendukung perubahan social ekonomi di Kabupaten Karimun, diantaranya : 1) Internship program selama 6 bulan untuk putra putri Karimun lulusan fakultas teknik dari semua universitas di Indonesia yang dilatih langsung oleh ahlinya dari Italy; 2) Young Graduate Program yang merupakan ikatan kerja 3 tahun untuk Putra Putri Karimun lulusan fakultas teknik untuk ditempatkan di Departemen Engineering sebagai Junior Engineer; 3) Memberikan kesempatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) untuk siswa siswi SMKN; 4) Memberikan Pelatihan dan pengetahuan dasar mengenai keselamatan dan kesehatan kerja dalam aktivitas pengelasan di SMKN 1 (MoU dengan Dinas Tenaga Kerja Kab. Karimun); 5) Kunjungan Edukasi untuk melihat secara langsung aktivitas produksi dan teknologi yang digunakan di lapangan fabrikasi SIKB bagi murid‐murid dari TK, SD, SMP dan SMA serta mahasiswa Universitas Karimun; 6) Ambat English Course, yaitu pelatihan atau kursus bahasa inggris gratis oleh engineer muda SIKB untuk putra putri Desa Pangke Barat; 7) Pengadaan 12 set seragam PKS (Patroli Keamanan Sekolah), marka jalan dan rambu lalulintas untuk SDN 008 Pangke dan SMPN 3 Meral di Desa Pangke; serta 8) Bantuan komputer rekondisi untuk sekolah‐sekolah.

Peresmian Kantin Sehat dan Lapangan Sepak Bola SMAN 3 Karimun dihadiri oleh Bupati Karimun DR. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan M.S. Sudarmadi, S.Pd, MM, Kepala Bappeda Dr. H.T.S Arif Fadillah, S.Sos., M.Si, Ketua Dewan Kehormatan Guru Indonesia Kabupaten Karimun H. Harris Fadillah, Kepala SMAN 3 Karimun, Komite SMAN 3 Karimun, Camat, lurah dan tokoh masyarakat setempat. Turut hadir dalam acara ini Branch Manager PT SIKB, Mr. Saverio Pastore. Dalam sambutannya, Mr. Saverio Pastore menyatakan bahwa Pembangunan Kantin Sehat dan Lapangan Sepak Bola SMAN 3 Karimun merupakan bagian dari Program Pembangunan Pendidikan yang berkesinambungan atau Karimun Education Sustainability Development Program, guna menjadi bagian peningkatan mutu pendidikan dan ekonomi masyarakat Karimun. PT.SIKB akan tetap berkomitmen dalam meningkatkan pembangunan pendidikan yang berkesinambungan disetiap sekolah yang ada di Karimun dengan tetap bekerja sama dengan pemerintah daerah. PT.SKIP akan terus berperan aktif serta menjadi bagian dari masyarakat guna menigkatkan mutu sosial dan ekonomi daerah.

Drs H. M. Rasyid Nur, M.M. Selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Karimun mengucapkan terima kasih terhadap semua bantuan sehingga terwujudnya Kantin Sehat dan Lapangan Sepak bola ini, dan berharap dapat meningkatkan semangat siswa-siswa di sekolah ini. Acara ini dilanjutkan dengan serah terima Kantin Sehat Dari pihak PT. SIKB dengan Pemerintah Kabupaten Karimun, dalam hal ini diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun dan SMA Negeri 3 Karimun dan diakhiri dengan pemotongan pita oleh Bupati Karimun tanda diresmikannya Kantin Sehat dan Peninjauan Ke Lapangan Sepak bola.


About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *