Blog

March 3, 2013

Workshop Penyusunan Program Dan Pelaporan Pengawasan Sekolah Se-Kabupaten Karimun

Pengawas sekolah berperan penting dalam peningkatan profesionalitas guru berkelanjutan. Seperti diketahui, program pengembangan profesionalisme guru secara berkelanjutan bertujuan memelihara, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi guru secara berkelanjutan untuk mencapai standar profesi guru yang diprasyaratkan agar sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Sebagai penjamin mutu pendidikan, pengawas sekolah ikut bertanggung jawab dalam upaya mewujudkan tujuan tersebut diatas.

Ruang lingkup tugas pengawas sekolah adalah melakukan pembimbingan dan pelatihan guru dan pengawasan. Sementara itu pada Peremendiknas Nomor 12 Tahun 2007 tentang standar kompetensi pengawas sekolah/madrasah dijelaskan bahwa tugas pengawas satuan pendidikan adalah melaksanakan supervisi manajerial dan supervisi akademik.

Tugas Pokok pengawas mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran yaitu melaksanakan pengawasan akademik meliputi pembinaan, pemantauan dan penilaian pelaksanaan Standar Nasional Pendidikan (SNP), antara lain standar isi, standar proses, standar penilaian, standar kompetensi lulusan, pada guru mata pelajaran di sejumlah satuan pendidikan yang ditetapkan. Kegiatan pembinaan melalui pembinaan dan pelatihan profesionalitas guru ini dapat dilakukan melalui workshop, seminar, obeservasi, individual dan group confrence , serta kunjungan kelas melalui supervisi akademik. Melalui upaya-upaya ini diharapkan guru profesional dapat diwujudkan.

Profesionalitas Pengawas Pendidikan dalam menyelenggarakan Pengawasan pendidikan perlu ditingkatkan sesuai dengan standar nasional. Diharapkan rencana yang telah diprogramkan dapat hasil dan tepat guna, atas dasar itu Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun melalui Bidang Sumber Daya Manusia Pendidikan (SDMP) melaksanakan kegiatan “Workshop Penyusunan Program dan Pelaporan Pengawasan sekolah Se-Kabupaten Karimun” untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme Pengawas Pendidikan dalam Kegiatan Pengawasan pendidikan di sekolah.

Tujuan pelakasnaan kegiatan ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai pelaksanaan butir kegiatan yang menjadi tugas pokok pengawas sekolah serta memberikan gambaran mengenai kondisi sekolah binaan berdasarkan hasil penilaian terhadap fokus binaan yang dilakukan pengawas sekolah terhadap kinerja guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian proses pembelajaran

Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 3 sampai dengan tanggal 5 Maret 2013 bertempat di Wisma Karimun Tanjung Balai Karimun.

Narasumber untuk kegiatan kali ini adalah Bapak Drs. Chairil Anwar dari Pekanbaru

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *