Blog

August 15, 2014

Workshop Operator Pendataan SMP Tahun 2014

Dalam upaya meningkatkan layanan bidang  pendidikan yang berkualitas, transparan dan akuntabel, maka diperlukan program-program pendidikan yang benar tepat guna dan tepat sasaran bagi seluruh warga negara. Program seperti menuntut adanya sebuah perencanaan yang baik sebelum pelaksanaan memegang peranan penting, karena sebuah kegiatan yang direncanakan dengan data yang tidak valid dan reiabel maka akan berdampak munculnya berbagai hambatan dan kendala pada saat impelementasinya.

Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945 yang secara tegas menyatakan bahwa satu diantara tujuan Negera Republik Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mencapai tujuan nasional tersebut, negara wajib menyediakan layanan pendidikan bermutu bagi semua warga negara. Ada 3 pilar kebijakan pendidikan nasional, yakni pemerataan dan perluasan akses pendidikan, peningkatan mutu, relevansi pendidikan dan daya saing serta penguatan tata kelola, akuntabilitas dan citra publik.

Wokshop Data Pokok Pendidikan bagi operator pendataan SMP yang digelar  adalah satu bentuk kegiatan pendidikan yang masuk dalam pilar kedua. Sebab Dapodik merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh data secara langsung dan cepat, akurat, valid, lengkap  dapat dipertanggung jawabkan dan termutakhir. Data dari sekolah akan digunakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten / Kota untuk Perencanaan dan Evaluasi program Pendidikan.

Pada workshop ini, peserta diberi penjelasan dan pengarahan mengenai apllikasi Dapodik versi baru, lalu entri data dengan aplikasi tersebut dan terakhir pembahasan masalah mengenai prosedur pendataan melalui aplikasi Dapodik tersebut.

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut diatas Dinas Pendidikan melalui Bidang Pendidikan Dasar          (  Didkas ) melaksanakan Workshop  Operator Pendataan SMP Tahun 2014.

Kegiatan Workshop Operator SMP Kabupaten Karimun Tahun 2014 dilaksanakan pada tanggal 14 sampai dengan 16 Agustus 2014 bertempat di Wisma Karimun Jln. Yos Sudarso Tanjung Balai Karimun dengan jumlah peserta sebanyak 58 orang yang terdiri dari Operator SMP se-Kabupaten Karimun.

Kegiatan Workshop Operator Pendataan SMP ini bertujuan untuk :

  1. Mensosialisasi Aplikasi Dapodik terbaru 2014.
  2. Melatih Operator menggunakan Aplikasi Dapodik terbaru.
  3. Menganalisa tentang kesulitan / kendala yang dihadapi dalam menggunakan Aplikasi dapodik.

 

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *