Blog

February 6, 2014

Workshop Aplikasi Dapodik 2013 Tingkat SD/SMP tahun 2014

Dalam upaya meningkatkan layanan bidang pendidikan yang berkualitas, transparan dan akuntabel maka diperlukan program-program pendidikan yang benar tepat guna dan tepat sasaran bagi seluruh warga Negara Indonesia. Program seperti ini menuntut adanya sebuah perencanaan yang baik sebelum pelaksanaan memegang perenan penting, kaerena sebuah kegiatan yang direncanakan data tidak valid dan reliabel maka akan berdampak munculnya berbagai hambatan dan kendala pada saat implementasinya.

Dinas Pendidikan Karimun Sebagai leading sector pendidikan berkewajiban mensosialisasi dan mengimplementasikan sistem pendataan Dapodikdas. Melalaui Dapodikdas sistem pendataan bersifat satu pintu, database yang dihimpun berupa integrasi Data Pokok Pendidikan terdiri dari : Satuan Pendidikan, PTK  dan peserta Didik. Sistem pendataannya bersifat relational, historical dan longitudinal. Itu sebabnya database dapat dipergunakan untuk seluruh program Pendidikan Dasar ( Program Subsidi Saran dan Prasarana, BOS, Tunjangan Profesi, BSM, UN dan lain-lain).
Mengingat betapa pentingnya data pokok pendidikan dan tidak boleh terjadi kesalahan dalam proses input data, maka diperlukan kesamaan dalam memahami Program Dapodikdas ini baik dalam tataran kebijakan maupun teknis. Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun melalui Bidang Pendidikan Dasar menyelenggarakan Workshop Aplikasi Dapodik 2013 tahun 2014 bagi para operator sekolah yang akan menginput data pokok pendidikan di sekolah masiang-masing

Kegiatan ini dilaksanakan di Wisma Karimun Selama 3 hari dari tanggal 6 sampai dengan 8 Februari 2014 dan sebagai Narasumber kegiatan ini didatangkan dari Bagian Dan dan Informasi Perencanaan dan Penganggaran Sekretariat Ditjen Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pelaksanaan Workshop Aplikasi Dapodik 2013 Tingkat SD/SMP tahun 2014 adalah operator sekolah SD danSMP berjumlah 183 orang se Kabupaten Karimun.

Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Workshop Aplikasi Dapodik 2013 Tingkat SD/SMP tahun 2014 adalah :

  1. Terserapnya materi Dapodikdas versri terbaru.
  2. Tersedianya sumber daya manusia berupa tenaga operator Dapodikdas
  3. Terinputnya berbagai data pokok pendidikan dari semua sekolah peserta workshop.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *