Blog

October 22, 2013

Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat SLTA Se – Kabupaten KarimunTahun 2013

Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan agar siswa SMA menjadi insan cerdas, terampil, dan kompetitif serta mampu memecahkan persoalan kehidupan yang dihadapinya, terutama persoalan kehidupan bernegara, peran bahasa Indonesia tidak perlu diragukan. Bahkan, peran bahasa Indonesia dapat dikatakan sebagai keniscayaan.

Undang-Undang Dasar 1945 (Pasal 36) menyatakan bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa negara. Pernyataan konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia itu menyuratkan bahwa posisi bahasa Indonesia sangat penting sebagai lambang kedaulatan negara.

Sebagai sebuah negara yang berdaulat, Indonesia memiliki bahasa negara yang diambil dari dalam negeri sendiri. Negara-negara seperti Filipina dan Rwanda, meskipun telah mengambil langkah konstitusional untuk menjadikan bahasa Pilipina dan bahasa Rwanda sebagai bahasa negaranya, masih memilih bahasa lain yang berasal dari luar negeri sebagai bahasa kedua.

Sebelum menguasai bahasa asing hendaknya generasi muda sudah memiliki pemahaman yang benar akan pentingnya bahasa Indonesia. Sebagai generasi muda sebaiknya setiap individu menguasai bahasa daerah, bahasa Indonesai, dan bahasa asing. Bahasa ibu diperlukan sebagai pembentuk karakter budaya anak bangsa dan akar pembentuk watak individu. Bahasa Indonesia diperlukan sebagai bahasa negara dan bahasa nasional yang akan akan meningkatkan rasa nasionalisme sebagai anak bangsa, dan bahasa asing dikuasai sebagai tuntutan perkembangan hidup di jaman globalisasi, untuk meningkatkan daya saing dalam kehidupan modern.

Kondisi saat ini semakin kuat dengan diberlakukannya UU No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Untuk itu, pengembangan dan pembinaan bahasa yang dilakukan perlu didukung oleh generasi muda yang akan menguatkan kehidupan berbangsa dan bernegara di masa yang akan datang. Untuk itu, aspek kecintaan bahasa Indonesia sebelum menguasai bahasa asing perlu dikedepankan.

Oleh karena itu, kegiatan Debat Bahasa Indonesia SMA Tingkat Kabupaten Karimun sangat tepat dilaksanakan sebagai ajang untuk meningkatkan kecintaan terhadap bahasa Indonesia sebagai salah satu wujud kecintaan terhadap bangsa dan negara. Dengan kuatnya kecintaan terhadap bangsa dan negara, generasi muda ini akan menjadi siap dalam menerima estafet kepemimpinan yang akan mereka emban kelak.

Dinas Pendidikan Melalui Bidang Pendidikan Menengah mengadakan LombaDebat Bahasa Indonesia Tingkat SLTA Se – Kabupaten Karimun Tahun 2013 dengan tujuan :

1. Meningkatkan motivasi siswa untuk belajar bahasa Indonesia secara terus-menerus.

2. Meningkatkan gairah apresiasi sastra Indonesia di kalangan siswa.

3. Meningkatkan daya guna bahasa Indonesia di dalam dunia usaha dan dunia industri.

4. Meningkatkan daya saing dengan berlatih menggunakan logika berpikir yang dituangkan dalam sikap berbahasa yang santun.

5. Melatih kemampuan Bahasa Indonesia siswa dalam ragam resmi sebagai sarana komunikasi formal dan intelektual;

6. Menunjukkan kepada siapa saja bahwa bahasa Indonesia pada dasarnya sederajat dengan bahasa lain, yang mempunyai kemungknan untuk dipergunakan dalam suatu debat yang elegan dan bercita rasa memadai; serta

7. Mengondisikan dunia pendidikan pada umumnya bahwa Bahasa Indonesia merupakan suatu bahasa yang lengkap, yang salah satu fungsinya dapat dipergunakan sebagai sarana berdebat.

Lomba ini dilaksanakan di Wisma Karimun selama tiga hari dari 21 s.d 23 Oktober 2013 , sasaran peserta lomba ini adalah siswa-siswi tingkat SMA yang masih aktif duduk di kelas X,XI dan XII dan tim penguji adalah dari Dinas Pendidikan Kab.Karimun.

Yang menjadi pemenang dalam lomba ini dididuduki peringkat pertama adalah SMAN 4 KARIMUN, tempat kedua adalah SMAN 1 KARIMUN dan ketiga adalah SMAN 1 KUNDUR, berikut daftar pemenang dan nilai :

NO

NAMA SEKOLAH

NILAI

1

SMAN 4 KARIMUN

98

2

SMAN 1 KARIMUN

96

3

SMAN 1 KUNDUR

95

4

SMA SANTO YUSUP

94,5

5

SMAN 3 KUNDUR

93

6

SMAN 3 KARIMUN

92.2

7

SMAN 2 KARIMUN

90

8

SMA DARUL FURQON

75

Ikut Dalam penyerahan piala pemenang adalah bapak Sekretari Dinas Pendidikan Kab. Karimun, Bakri Hashim S,Pd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *