Blog

June 23, 2011

Rapat Koordinasi dan Evaluasi Dinas Pendidikan se-Provinsi Kepulauan Riau

(Dinas pendidikan – Pemkab Karimun) Rapat Koordinasi dan Evaluasi Dinas Pendidikan se-Provinsi Kepulauan Riau merupakan program kerja tahunan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau. Melalui kegiatan ini Dinas Pendidikan se-Provinsi Kepulauan Riau diharapkan dapat  menyusun dan menyelaraskan  beberapa program kerja menyangkut pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan di wilayah kabupaten/kota masing-masing.

Rapat Koordinasi dan Evaluasi Dinas Pendidikan se-Provinsi Kepulauan Riau diselenggarakan pada tanggal  23 – 25 Juni 2011 bertempat di Kabupaten Karimun, secara resmi dibuka oleh Bapak Bupati Karimun DR.H. Nurdin Basirun M.Si, bertempat di GOR tertutup Kecamatan Tebing. Dalam kata sambutannya Bapak Bupati Karimun menegaskan capaian hasil pendidikan di wilayah Provinsi Kepulauan Riau sudah cukup baik, namum layaknya kita sebagai stakeholder untuk tidak terus merasa berbangga hati dengan prestasi yang telah dicapai, Beliau juga menambahkan hendakya dari waktu ke waktu capaian hasil pendidikan selalu dipertahankan dan ditingkatkan prestasinya, agar pembangunan di wilayah Provinsi Kepulauan Riau khususnya di bidang pendidikan dapat kita wujudkan secara maskimal. Pada acara pembukaan tersebut  dihadiri pejabat Forum Koordinasi Pemerintahan Daerah Kab.Karimun, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau, Kepala Kantor Kementrian Agama  se-Provinsi Kepulauan Riau dan beberapa kepala SKPD di lingkungan pemerintah Kab.Karimun.

 

 

Pada acara pembukaan tersebut Dinas Pendidikan Kab.Karimun melalaui Bidang Dikmenjur juga mermberikan bantuan beasiswa kepada siswa miskin untuk tingkat SLTA periode januari – april 2011 sebesar Rp. 360.000/siswa, dan diserahkan  secara simbolis kepada 10 orang siswa/i yang diserahkan oleh Bupati Karimun DR.H. Nurdin Basirun M.Si.

Dalam pelaksanaannya, Rapat koordinasi dan Evaluasi juga membahas dan menghasilkan beberapa kesepakatan yang sangat penting dalam pengembangan mutu pendidikan di wilayah Provinsi Kepulauan Riau diantaranya yaitu :

  1. Tindak lanjut Ujian Nasional
  2. Persiapan peserta didik baru
  3. Libur bulan Ramadhan
  4. Akreditasi sekolah / madrasah
  5. Ujian Nasional Program Paket (UNPP)
  6. Insentif, sertifikasi dan kualifikasi guru

Diharapkan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau dapat menyusun program-program yang sesuai dengan kesepakatan dari enam agenda tersebut. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau juga menyinggung mengenai sistem penerimaan siswa baru yang menyangkut kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS). Beliau mengatakan, kegiatan MOS sejauh ini masih menggunakan cara konvensional, yang notabenenya mengarah kepada hal-hal yang dipandang sebagai unsur pembodohan, misalnya para calon siswa diharuskan menggunakan kostum yang tidak layak  dan  atribut-atribut yang terbilang aneh. Beliau juga menegaskan seharusnya paradigma yang lama harus kita tinggalkan, sudah saatnya menuju ke arah yang  modern dan lebih profesional dalam mengemas kegiatan ini dan memberikan segmen materi yang lebih bermanfaat dalam pengembangan bakat, potensi dan jati diri para calon siswa baru tersebut. Beliau juga mengharapkan kerjasama Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau untuk bersama-sama merubah paradigma lama dalam pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS) ini.

Rapat Koordinasi dan Evalauasi  Dinas pendidikan se-Provinsi Kepulauan Riau ini ditutup dengan serangkaian acara ramah tamah antara Bupati Karimun dengan para peserta rapat yang juga diselingi dengan serangkaian kegiatan penyerahan cendera mata baik dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau selaku panitia maupun Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun selaku tuan rumah.
Selanjutnya, Rapat Koordinasi dan Evaluasi  Dinas Pendidikan se-Provinsi Kepulauan Riau direncanakan akan dilaksanakan pada bulan November 2011, bertempat di Kabupaten Bintan.

 

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *