Blog

August 20, 2014

Pelatihan Pemantapan Mengajar Guru Biologi Tingkat SMA dan SMK Se-Kabupaten Karimun

Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mengemban fungsi tersebut pemerintah menyelenggarakan suatu sistem pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pencapaian tujuan Pendidikan Nasional sebagaimana yang tertera di atas, melibatkan banyak faktor baik internal maupun ekternal. Faktor internal terdari dari guru, siswa, kurikulum, sarana prasarana, sedangkan faktor eksternal diantaranya adalah lingkungan. Semua faktor ini saling berkaitan dan berhubungan satu sama lainnya dan bersinergi untuk mencapai tujuan pendidikan. Salah satu faktor utama dalam pencapaian tujuan tersebut adalah profesionalisme guru biologi.

Manfaat Pengetahuan tentang makhluk hidup ( Biologi ) untuk memcahkan berbagai masalah guna meningkatkan kesejahteraan hidup manusia. Berbagai masalah yang berkaitan dengan pangan, sandang, papan, energi dan lingkungan bahkan sosial dapat diatasi dengan Biologi, Biologi banyak digunakan untuk berbagai bidagn kehidupan seperti pertanian peternakan, perikanan, kedokteran dan lain lainnya.

Dengan latarbelakang itu Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun melalui bidang Sumber Daya Manusia Pendidikan mengadakan “Pelatihan Pemantapan Mengajar Guru Biologi Tingkat SMA dan SMK Se-Kabupaten Karimun” untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru biologi di lingkungan Dinas  Pendidikan Kab. Karimun.

Kegiatan Pelatihan Pemantapan Mengajar Guru Biologi Tingkat SMA dan SMK Se-Kabupaten Karimun tahun 2014 ini dilaksanakan mulai tanggal 19 sampai dengan 21 Agustus 2014 di Wisma Karimun – Jl. Yos Sudarso  Tanjung Balai Karimun dan dihadari sebanyak 20 orang peserta yang berasal dari guru-guru Biologi SMA dan SMK Se-Kabupaten Karimun.

Pembukaan kegiatan ini disejalankan dengan kegiatan Pelatihan Pemantapan Mengajar Guru-guru Fisika SMA dan SMK Se-Kabupaten Karimun yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Karimu Bapak MS. Sudarmadi, S.Pd.,M.M dan sebagai Narasumber untuk Kegiatan Pelatihan Pemantapan Mengajar Guru Biologi Tingkat SMA dan SMK Se-Kabupaten Karimun ini adalah Ibu Ani Suhaeny, M.Si berasal dari P4TK IPA Bandung.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *