Blog

April 10, 2013

Pelatihan Pegawai Tata Usaha SD-SMP Satu Atap dan SMP Negeri Se-Kabupaten Karimun tentang Pengelolaan Perpustakaan

Perpustakaan memiliki fungsi dan peran sangat penting. Fungsi perpustakaan antara lain sebagai sarana menyimpan karya manusia, sebagai pusat informasi, sebagai tempat rekreasi, sebagai tempat pengembang budaya, karenanya perpustakaan sangat berperan sebagai sumberbelajar.


Perpustakaan sekolah sampai saat ini keberadaannya belum dimanfaatkan secara maksimal, hanya sekolah-sekolah tertentu saja yang sudah menjadikan perpustakaan sebagai sumber belajar. Kenadala yang dhadapi sekolah pada umumnya karena keterbatasan sumber daya manusia, sehingga pengelolaan perpustakaan tidak ditangani secara serius. sungguh sangat sia-sia buku-buku dengan harga mahal ataupun bahan pustaka lainnya jika tidak dikelola dengan semestinya, padahal setiap saat buku-buku di sekolah akan selalu bertambah baik berasal dari subsidi pemerintah ataupun dari sumbangan lain.

Melihat fenomena tersebut Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun punya rasa tanggungjawab, karenanya akan berupaya membantu mempersiapkan sumber daya manusia khususnya pengelola perpustakaan dengan melalui Kegiatan Pelatihan Pegawai Tata Usaha SD-SMP Satu Atap dan SMP Negeri Se-Kabupaten Karimun tentang Pengelolaan Perpustakaan. Pelatihan ini merupakan solusi awal sebelum sekolah mampu merekrut tenaga yang lebih profesional.

Adapun yang menjadi tujuan dilaksanakannya pelatihan ini adalah:

1. Membangkitkan cinta perpustakaan kepada masyarakat sekolah

2. Membekali kemampuan dasar tentang perpustakaan

3. Memperkenalkan teknologi pengelolaan perpustakaan

4. Melatih kemampuan dasar mengelola perpustakaan sekolah

Peserta adalah Pegawai Tata Usaha SD-SMP Satu Atap dan SMP Negeri Se-Kabupaten Karimun yang berjumlah 39 Orang, Pelaksanaan kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan mulai 11 sampai dengan 13 April 2013 bertempat di Wisma Karimun Tanjung Balai Karimun

Narasumber dalam pelatihan ini adalah tenaga yang berkompeten yang berasal dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Yaitu Bapak Suharyanto, S.Sos. M.Hum

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *