Blog

March 20, 2013

Kegiatan Pelatihan Usaha Kesahatan Sekolah Tingkat SLTA se-Kabupaten Karimun tahun 2013

Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) antara lain ditentukan dua faktor yang satu sama lain saling berhubungan, berkaitan dan saling bergantung yakni pendidikan dan kesehatan. Kesehatan merupakan prasyarat utama agar upaya pendidikan berhasil, sebaliknya pendidikan yang diperoleh akan sangat mendukung tercapainya peningkatan status kesehatan seseorang. Oleh karena itu, usaha kesehatan sekolah (UKS) dengan titik berat pada upaya promotif dan preventif didukung oleh upaya kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas, menjadi sangat penting dan strategis untuk mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya pada anak sekolah.

Pendidikan kesehatan yang diterima pada anak usia sekolah dalam hal ini Sekolah Menengah Atas Masih sangat minim sekali, hal ini dapat dilihat dengan lemahnya geliat dalam mengembangkan programnya yang menyentuh kepada pengembangan salah satu unit organisasi yang ada disekolah yaitu UKS Lemahnya geliat program pengembangan UKS ini dapat disebabkan beberapa faktor, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Masih rendahnya kompetensi pengurus dalam mengembangkan program kerja.
  2. Kurang sarana prasaranan pendukung yang dapat berpengaruh langsung kepada pengembangan UKS
  3. Belum adanya pembinaan yang lebih intensif kepada pengurus UKS, sehingga akan menurunkan motifasi kerja dalam mengembangkan UKS di lingkungan sekolah

Dalam peningkatan derajat kesehatan khususnya di lingkungan sekolah menengah atas, perlu dilakukan bebarapa pembinaan / pelatihan yang dapat menumbuh kembangkan kesadaran pelaku kesehatan (pengurus UKS) sejak dini. Dengan adanya kepengurusan Usaha Kesehatan Sekolah ( UKS) yang berkompeten, tentunya akan sangat memberikan nilai positif dalam membantu beban kerja unit kesehatan dilingkungan sosial, seperti Puskesmas maupun Rumah Sakit dan juga dapat meminimalisir faktor-faktor penghambat pengembangan UKS, sehingga derajat kesehatan khususnya di lingkungan sekolah-sekolah dapat tercapai secara maksimal.

 

Selain itu juga dengan pelatihan pengelolaan pengurus Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di tingkat SLTA se-Kabupaten Karimun, tidak lain sebagai jawaban untuk menanamkan budaya sehat serta menciptakan lingkungan sehat, yang menjadi salah satu faktor dalam pengembangan pembangunan di wilayah kabupaten Karimun.

Dinas Pendidikan Kab.Karimun melalui Bidang pendidikan Menengah melaksanakan “Kegiatan Pelatihan Usaha Kesahatan Sekolah Tingkat SLTA se-Kabupaten Karimun tahun 2013” adapun tujuan kegiatan ini :

 

  1. Untuk memberikan pemahaman kepada pengurus UKS tentang pentingnya keberadaan organisasi tersebut.
  2. Membantu para pengurus UKS tingkat SLTA dalam menyusun program kerja yang akuntabel, tepat guna dan berkompeten.
  3. Mengembangkan potensi SDM ( pelajar ) melalui pemahaman dalam keorganisasian.
  4. Menumbuh kembangkan Sense of responsibilty kepada pengurus UKS, sehingga pengembangan UKS di tingkat sekolah dapat dikembangkan secara maksimal.

Narasumber Kegiatan ini adalah Bapak Khairil Abas, M.Pd, dari LPMP ( Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) Pekanbaru dan dilaksanakan di Wisma Karimun dari tanggal 18-21 Maret 2013

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *