Blog

February 11, 2014

Workshop Bedah SKL dan Prediksi Soal US SD se-Kabupaten Karimun Tahun 2014

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003 dan Kurikulum 2013 mengamanatkan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan, membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Satu diantara indikator keberhasilan pendidikan nasional di ukur dengan pencapaian nilai ujian sekolah. Untuk mencapai nilai ujian sekolah yang maksimal perlu adanya upaya persiapan agar ada peningkatan yang signifikan dalam Ujian sekolah (US). Selain dengan penambahan jam pelajaran di sekolah khususnya untuk Kabupaten Karimun sebagai langkah persiapan yang akan dilakukan yaitu dengan melaksanakan Workshop Bedah Standar Kelulusan (SKL) yang tujuannya agar di setiap sekolah ada kenaikan angka kelulusan dan dapat lulus dengan 100%.
Workshop Bedah SKL dan Prediksi Soal Ujian Sekolah SD ini diharapkan dapat menelaah dan menyusun prediksi soal Ujian Sekolah sesuai Kurikulum 2013 yang nantinya dapat digunakan oleh para peserta Ujian Sekolah di sekolah masing-masing. Kegiatan yang ditujukan pada para guru terutama guru pengampu kelas VI pada 3 mata pelajaran yang diujikan antara lain Bahasa Indonesia, IPA dan Matematika.

Untuk pelaksanaan Bedah SKL tersebut, maka diadakanlah  Workshop Bedah Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Prediksi Soal Ujian Sekolah Tingkat SD yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun melalui Bidang Pendidikan Dasar.

Pelaksanaan Workshop Bedah SKL dan Prediksi Soal US SD diselenggarakan terhadap guru-guru pengampu kelas VI Tingkat Sekolah Dasar sebanyak 56 Orang.

Adapun narasumber kegiatan ini antara lain : Elly, M.Pd dan Aswir Astaman, M.Pd dari Widyaiswara LPMP Riau Pekanbaru, Yasyar, S.Pd, Muhd. Baki Harahap, SS, Isnayati, SS dari Pengawas Sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kab. Karimun.  Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Karimun Bapak Bakri Hasyim, S.Pd.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *