Blog

February 17, 2015

Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pendidikan Bidang PAUDNI, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kabupaten Karimun Tahun 2015

Perencanaan pembangunan pendidikan merupakan suatu proses untuk memilih dan emnentukan tindakan di masa depan yang tepat, dengan memperhatikan prioritas serta mengoptimalkan sumber daya yang tersedia. Dengan demikian proses pembangunan pendidikan akan menjadik efektif dan efisien guna mencapai kemakmuran dan kemaslahatan bersama. Perencanaan pembangunan pembangunan pendidikan diharapkan mampu menghasilkan rencana jangka menengah dan jangka panjang yang sinergi antara pusat dan daerah. Berkaitan dengan itu, pemerintah pusat telah menata Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Pembangunan Pendidikan yang terintegrasi mulai dari perencanaan sampai penganggaran sangat diperlukan oleh Pemerintah. Dalam hal ini pemerintah Kabupaten Karimun khususnya Dinas Pendidikan dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dinamika permasalahan pembangunan pendidikan yang semakin cepat menyebabkan tuntutan masyarakat pada pemerintah juga semakin besar . Kondisi ini harus mendorong Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun untuk terus meningkatkan pelayanan melalui peningkatan kemampuan teknis lebaih baik. Reformasi pemerintahan dan persaingan antar Negara harus menjadi spirit bagi apratur Dinas Pendidikan untuk terus meningkatkan kemampuan.

 

Selain perencanaan dan penganggaran pembangunan, evaluasi hasil pembangunan pendidikan juga menjadi sangat penting agar perencanaan dan penganggaran pembangunan pendidikan dapat lebih terarah, terukur sesuai dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Hasil evaluasi pembangunan dapat menjadi acuan untuk menyusun perencanaan pembangunan tahun berikutnya, sehingga pemerataan kesempatan pendidikan, di Kabupaten Karimun dapat dicapai. Melatarbelakangi hal-hal seperti yang disampaikan diatas dan mengigat pentingnya perencanaan pembangunan pendidikan di Kabupaten Karimun untuk disusun  secara baik dan taat asas, maka Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun melalui Subbagian Perencanaan dan Evaluasi Sekretariat Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun melaksanakan “Rapat Koordinasi Perencanaan dan Evaluasi Pendidikan Bidang PAUDNI, Dikdas dan Dikmen”

Maksud dan Tujuan diadakan Rapat  Koordinasi Perencanaan dan Evaluasi Pendidikan Bidang PAUDNI, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah ini  adalah untuk menyatukan persepsi dan kesamaan pandangan terhadap perencanaan dan Evaluasi pembangunan Pendidikan Bidang PAUDNI, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah di Kabupaten Karimun Tahun 2015 dan masa yang akan datang dengan tujuan untuk koordinasi dan singkronisasi antara Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun bersama Unit Pelaksana teknis Dinas (UPTD)  Pendidikan, Satuan Pendidikan yang berada di Kabupaten Karimun serta stakeholder terkait dalam melakasanakan kebijakan pendidikan nasional dalam rangka meningkatkan layanan pendidikan yang berkualitas dan terjangkau oleh semua.

Kegiatan ini diselenggararakan  selama 3 hari dari tanggal 16 s/d 18 Februari 2015 di Gedung Serba Guna Kantor Bupati Karimun dan dibuka langsung oleh Bupati Karimun DR.H. Nurdin Basirun M.Si,
Adapun Narasumber dari Kegiatan Rapat Koordinasi Perencanaan dan Evaluasi Pendidikan Bidang PAUDNI, Dikdas dan Dikmen ini antara lain : Dr. H. Dadang Solihin S.E.,M.A. ( Direktur Evaluasi Kinerja Pemerintah Daerah Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI ), Ramon Mohandes, Ph.D ( Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ri  ), H.M Taufik,SH. MM.( Komisi I DPRD Kabupaten Karimun ), Drs. Yatim Mustafa, M.Pd.( Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri ), Djunaidi, S,Sos,M.Si ( Kepala Bappeda Kabupaten Karimun ), Pejabat Esselon III Dilingkungan Dinas Pendidikan,Kepala UPTD Pendidikan Se-Kabupaten Karimun dan Hafidz Muksin, S.Sos.,M.Si ( Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ) sebagai Moderator.
Peserta Rapat Koordinasi Perencanaan dan Evaluasi Pendidikan Bidang PAUDNI, Dikdas dan Dikmen terdiri dari Kepala Sekolah Seluruh jenjang di Kabupaten Karimun sebanyak 300 orang.

 

 

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *