Blog

August 17, 2015

Pemerintah Kabupaten Karimun menerima peserta Program Sarjana Mendidik Di Daerah Terpencil, Terdepan dan Terluar(SM-3T)

Dinas Pendidikan Kab.Karimun,Selasa, 18 Agustus 2015, Pemerintah Kabupaten Karimun melalui Dinas Pendidikan menerima peserta Program Sarjana Mendidik Pada Daerah Terpencil, Terdepan dan Terluar (SM-3T) Angkatan V Tahun 2015 yang merupakan kerjasama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Acara ini dibuka oleh Bupati Karimun DR.H. Nurdin Basirun,S.Sos, M.Si turut menghadiri Pembukaan ini adalah Kepala Devisi Pendidikan Profesi dan Jasa Keprofesian UPI, Dr.H. Toto Ruhimat, Kepala Dinas Pendidikan MS. Sudarmadi, S.Pd.MM beserta pejabat eselon III dan IV di lingkungan Dinas Pendidikan, Pengawas Satuan Pendidikan, Kepala Sekolah, Camat dan Kades dimana peserta ditempatkan di wilayahnya.

Program Sarjana Mendidik Pada Daerah Terpencil, Terdepan dan Terluar (SM-3T) adalah program Pengabdian Sarjana Pendidikan untuk berpartisipasi dalam percepatan pembangunan pendidikan di daerah 3T selama satu tahun sebagai penyiapan pendidik profesional yang akan dilanjutkan dengan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Sebanyak 40 orang guru-guru terdiri dari  18 laki-laki dan 22 perempuan yang termasuk dalam program ini yang berasal dari berbagai prodi akan ditempatkan di pulau-pulau di daerah Hinterland Kabupaten Karimun yang anggarannya dibiayai oleh Kementrian Riset dan DIKTI RI.

Prorogram ini bertujuan antara lain:

  1. Membantu daerah 3T dalam mengatasi permasalahan pendidikan,
  2. Memberikan pengalaman pengabdian kepada sarjana pendidikan sehingga terbentuk sikap profesional, cinta tanah air, bela negara, peduli, empati, terampil memecahkan masalah kependidikan, dan bertanggung jawab terhadap kemajuan bangsa, serta memiliki jiwa ketahanmalangan dalam mengembangkan pendidikan pada daerah-daerah tergolong 3T.
  3. Menyiapkan calon pendidik yang memiliki jiwa keterpanggilan untuk mengabdikan dirinya sebagai pendidik profesional pada daerah 3T.
  4. Mempersiapkan calon pendidik profesional sebelum mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Selanjutnya, pada tanggal 19 Agustus para peserta menuju sekolah penempatan dan langsung melaksanakan tugasnya hingga 1(satu) tahun kedepan.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *