Blog

April 15, 2013

Pelatihan Pegawai Tata Usaha TK Negeri, TK SD Satu Atap, SD-SMP Satu Atap Tentang Kearsipan dan Tata Naskah Dinas

Salah satu komponen penting dalam ketatalaksanaan Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun adalah administrasi umum, Ruang lingkup administrasi umum meliputi tata naskah dinas ( tata persuratan, distribusi, formulir dan media), penamaan lembaga, singkatan dan akronim, kearsipan, dan tata ruang perkantoran. Tata naskah dinas sebagai salah satu unsur administrasi umum mencakup pengaturan jenis, penyusunan, penggunaan lembaga/logo dan cap dinas, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, tata persuratan, perubahan  pencabutan, pembatalan produk, dan ralat.

Keterpaduan tata naskah dinas di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun sangat diperlukan untuk menunjang kelancaran komunikasi tulis dalam penyelnggaraan tugas umum dan pembangunan secara berdaya guna dan berhasil guna. Sering dengan perubahan organisasi dan tata kerja Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun serta peraturan perundang-undangan, tata naskah dinas yang sudah ada perlu disempurnakan.
Pada masa sekarang ini, sumber informasi telah manjadi kebutuhan mutlak bagi setiap organisasi (baik itu untuk kepentingan pengambilan keputusan, pembuktian, fiscal, layanan publik dan lain-lain).

 

 

Manajemen Kearsipan dan Tata Naskah Dinas merupakan sebuah sistem yang mencakup keseluruhan aktifitas dari daur ulang hidup arsip ( life cycle of records ). Daur hidup arsip meliputi penciptaan (creation and recipt), pengurusan (distribution), penggunaan (use), pemeliharaan (maintenance) dan penentuan nasib akhir atau penyusutan (disposition). Masing-masing tahapan tersebut merupakan sub-sistem tersendiri yang saling berkaitan secara fungsional. Apabila salah satu sub-sistem tersebut tidak berjalan maka akan mengganggu keseluruhan proses sistem manajemen kearsipan

Atas latarbelakang itulah Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun melalui Sub bagian Umum dan Kepagawaian melaksanakan “Pelatihan Pegawai Tata Usaha TK Negeri, TK SD Satu Atap, SD-SMP  Satu Atap Tentang Kearsipan dan Tata Naskah Dinas”


Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 15 sampai dengan 17 April 2013 di Wisma Karimun Tanjung Balai Karimun, adapun yang menjadi narasumber kegiatan ini adalah Widyaiswara/Tutor yang berkompeten dari Lembaga Administrasi Negara ( LAN ) yaitu Ibu Rusma Dwiyana, SH, MHum
Kegiatan ini merupakan pembinaan dan pelatihan dengan harapan meningkatkan kemampuan dalam menciptakan tata naskah dinas dan mengelola arsip di unit kerja masing-masing  peserta. Jika dapat dijalani maka pelestarian pertanggung jawaban instansi/unit kerja akan tertata, terpelihara dan berdaya  guna dalam menunjang aktifitas instansi.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *