Blog

July 11, 2018

Focus Gruop Discussion Kelompok Kerja Pendidikan Keluarga (FGD Pokja Dikkel)

Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau menggelar Focus Gruop Discussion Kelompok Kerja Pendidikan Keluarga (FGD Pokja Dikkel), Selasa (10/7/2018).

Kegiatan berlangsung sekitar empat jam di ruang rapat Dinas Pendidkan Gedung Gunung Papan Lantai Jl Poros Tanjung Balai Karimun ini diikuti sekitar tiga puluh peserta.

Dalam kegiatan ini diundang sebanyak tiga orang narasumber yaitu Sekretaris Dinas Pendidikan Karimun sekaligus sebagai Ketua Pokja Pendidikan Keluarga Riza Kurniati, Kasat Binmas Polres Karimun AKP Eriman serta Fasilitator Pendidikan Keluarga Richa Irma Dhiyanti.

Focus Gruop Discussion Kelompok Kerja Pendidikan Keluarga (FGD Pokja Dikkel)
Turut hadir pada kesempatan ini diantaranya Kepala Bidang, Kepala Seksi Dinas Pendidikan, pengawas sekolah dan satuan pendidikan.

Sekretaris Dinas Pendidikan Karimun sekaligus sebagai Ketua Pokja Pendidikan Keluarga Riza Kurniati mengatakan, tujuan dari pendidikan keluarga untuk menyiapkan generasi emas 2045.

Generasi emas adalah generasi yang mampu menjadi lokomotif (pengerak/pendorong) pembangunan masyarakat dan bangsa untuk lepas dari kebodohan, kemiskinan dan keterbelakangan.

“Diharapkan tahun 2045 pada usia 100 tahun kemerdekaan Indonesia, generasi emas Indonesia sudah terwujud. Generasi emas Indonesia akan terwujud jika didukung oleh semua komponen bangsa dengan bersatu, bergotong royong, bekerja keras dan bekerja cerdas,” ujarnya saat diwawancara usai kegiatan.

Dikatakan Riza panggilan akrabnya lagi, inti dari program pendidikan keluarga adalah menciptakan keluarga dan anak yang hebat. Dalam menciptakannya ada beberapa tahapan pembinaan, yakni kesepakatan peran keluarga di rumah dan di sekolah, penguatan kompentensi keluarga (orang tua) serta perluasan peran keluarga hebat.

“Pelibatan orang tua sekolah melakukan pertemuan dengan wali kelas minimal dua kali/semester, mengikuti kelas orang tua (parenting) minimal dua kali/tahun, hadir sebagai narasumber dalam kelas inspirasi, menyelenggarakan pentas kelas pada akhir tahun pembelajaran,” jelasnya.

Ia menambahkan, FGD Pokja Dikkel dilaksanakan untuk berkolaborasi memberikan penguatan ke sekolah-sekolah setelah dilalukan bimbingan teknisnya oleh Kemedikbud pada dua yang tahun lalu.

“Sampai saat ini perkembangan pendidikan keluarga di Kabupaten Karimun berkembang dengan baik dan sangat maju. Pendidikan keluarga sangat bagus dan membantu sekolah,” pungkasnya.

 

 

Sumber : http://www.kepriterkini.co.id/kepri/karimun/disdik-karimun-gelar-fgd-kelompok-kerja-pendidikan-keluarga

Berita , ,
About admin