Blog

March 27, 2013

Bimbingan Teknis Penilaian Kinerja Guru Tingkat SLTA se-Kabupaten Karimun

Pentingnya sumberdaya manusia (SDM) sebagai aset dan sekaligus sumber kapabilitas semakin disadari dilingkungan Pendidikan. Untuk itu diperlukan pengelolaan SDM yang mendorong kapasitas pembelajaran individu sebagai pengungkit pembelajaran secara berkesinambungan. Salah satu bentuk program yang dilakukan adalah pengelolaan kinerja yang melibatkan aktifitas penilaian kinerja bagi seluruh Tenaga Pendidik di Lingkungan Pendidikan.

Dunia Pendidikan memiliki keunikan dalam hal SDM, antara lain adanya perbedaan status kepegawaian, yaitu PNS, Honorer dan lainnya. Disamping itu terjadi dual carrer dalam praktik pengelolaan, misalnya guru yang memiliki tugas sebagai pendidik, atau guru yang sedang tugas belajar. Dalam konsep pengelolaan SDM yang mencerminkan good university governance, seluruh SDM dengan status tersebut perlu dinilai hasil kerja yang dicapai, sebagai ukuran awal keberhasilan proses akademik, layanan dan kinerja Dunia Pendidikan secara keseluruhan diperlukan sistem penilaian kinerja dengan pendekatan penilaian kinerja yang mampu mengukur perbedaan status dan mencerminkan kinerja pelaksanaan tugas secara akuntabel.

Pengelolaan kinerja guru merupakan agenda penting yang perlu dilakukan dengan pengelolaan kinerja diharapkan diperoleh profil kinerja guru sehingga dapat dilakukan dipertanggungjawabkan berkesinambungan diharapkan mampu memberikan kontribusi antara lain peningkatan prestasi kerja guru, feedback bagi Pemerintah, serta pengelolaan sumberdaya manusia yang integratif

Atas dasar itu Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun melalui Bidang Sumber Daya Manusia Pendidikan (SDMP) melaksanakan kegiatan “Bimbingan Teknis Penilaian Kinerja Guru Tingkat SLTA se-Kabupaten Karimun” ,kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan tentang perangkat dan sistem Penilaian Kinerja Guru dan memotivasi guru agar lebih profesional dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik.

Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan Teknis Penilaian Kinerja Guru Tingkat SLTA Se-Kabupaten Karimun dilaksanak mulai tanggal 25 sampai 28 Maret 2013 dan dilaksanakan di Wisma Karimun dan peserta kegiatan ini berasal dari guru-guru SLTA Se-Kabupaten Karimun berjumlah 50 orang, dan narasumber kegiatan ini adalah Drs. Afrizal Tani dari LPMP Riau Pekanbaru.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *