Home / B-PK / Pemilihan Guru Sekolah Dasar (SD) Berprestasi Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2019

Pemilihan Guru Sekolah Dasar (SD) Berprestasi Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2019

Pemilihan Guru Sekolah Dasar (SD) Berprestasi Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2019 diselenggarakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi dan menumbuhkan keteladanan guru SD di Karimun. Peningkatan kompetensi ini diharapkan akan berdampak positif terhadap karier guru dan mutu pendidikan secara nasional.

Pemilihan Guru SD Berprestasi Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2019 merupakan salah satu program yang diluncurkan oleh pemerintah, dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun melalui Bidang Pembinaan Ketenagaan. Program ini merupakan salah satu bentuk implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Untuk melaksanakan tugasnya secara profesional, seorang guru tidak hanya memiliki kemampuan teknis edukatif, tetapi juga harus memiliki kepribadian yang dapat diandalkan sehingga menjadi sosok panutan bagi siswa, keluarga maupun masyarakat. Pemilihan guru SD berprestasi dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi, dedikasi, loyalitas dan profesionalisme guru yang diharpkan berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja dan prestasi. Pemerintah memberikan perhatian terhadap guru, khususnya guru SD yang berprestasi

Tujuan Lomba :

(1) Mengangkat derajat guru sebagai profesi terhormat, mulia, dan bermartabat, serta terlindungi;

(2) Meningkatkan motivasi dan profesionalisme guru dalam pelaksanaan tugas profesionalnya;

(3) Meningkatkan kompetisi guru melalui kompetisi yang sehat dengan memberikan penghargaan di bidang pendidikan; dan

(4) Membangun komitmen mutu guru dalam kerangka peningkatan mutu pembelajaran menuju standar nasional pendidikan.

Manfaat Lomba :

(1) Memotivasi guru untuk meningkatkan kinerja, disiplin, dedikasi, dan loyalitas untuk kepentingan masa depan bangsa dan Negara

(2) Meningkatkan harkat, martabat, citra, dan profesionalisme guru;

(3) Menumbuhkan kreativitas dan inovasi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran; dan

(4) Memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa melalui jalur penndidikan. Kemungkinan besar hasil yang diharapkan Terpilihnya guru berprestasi Tingkat Sekolah Dasar se-Kabupaten Karimun Tahun 2019.

Pelaksanaan kegiatan Lomba Guru Berprestasi Tingkat SD se-Kabupaten Karimun Tahun 2019 dilaksanakan mulai tanggal 10 April 2019 s/d 11 April 2019 bertempat di Auditorium SMAN 4 Karimun. Muhammad Nuh, S.Pd.SD, Masaju Heningsari, S.Pd. Muhammad Khudri, S.Pd.SD sebagai Dewan Juri.

About admin

Check Also

SOP Pendirian & Operasional SMP