Blog

May 17, 2011

Olimpiade Sains dan IPS Tingkat SMA – MA Se Kabupaten Karimun

Salah satu arah kebijakan program pembangunan pendidikan nasional dalam bidang pendidikan salah satunya adalah mengembangkan kualitas sumber daya manusia sedini mungkin, secara terarah, terpadu dan menyeluruh melalui berbagai usaha proaktif dan reaktif oleh seluruh komponen bangsa agar generasi muda dapat berkembang secara optimal. Misi pendidikan nasional adalah terwujudnya sistem dan iklim pendidikan national yang demokratis dan bermutu, guna memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, berdisiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Mutu sumber daya manusia suatu bangsa tergantung pada mutu pendidikan. Dengan berbagai strategi, peningkatan mutu diarahkan untuk meningkatkan mutu siswa dalam penguasaan ilmu pengetahuan dasar, penguasaan bahasa asing dan penanaman sikap dan perilaku yang mencerminkan budi pekerti. Era globalisasi memberikan inspirasi positif dalam masyarakat internasional.
Sebagai bagian dari masyarakat internasional, masa depan Indonesia sangat membutuhkan kemampuan kompetitif di kalangan pelajar untuk bersaing secara sehat dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Untuk mengantisipasi hal tersebut, Departemen Pendidikan Nasional melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah memfasilitasi kegiatan kegiatan yang mengarah pada kreativitas siswa dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yaitu dengan lomba-lomba baik yang berskala nasional maupun yang berskala Internasional seperti : Olimpiade Sains Nasional maupun tingkat International seperti International Mathematics Olympiad (IMO), International Physics Olympiad (IPhO), International Biology Olympiad (IBO), International Chemistry Olympiad (IChO), International Olympiad in Informatics (IOI), International Astronomy Olympiad (IAO) tingkat senior, World School Debating Championship, South East Asian Mathematics Olympiad (SEAMO), Asian Pacific Mathematics Olympiad (APMO), Asian Physics Olympiad (APhO) dan Asian Pacific Astronomy Olympiad (APAO).
Pada Olimpiade tingkat Internasional (SMA), siswa-siswi yang menjadi duta Indonesia telah berulangkali memperoleh prestasi yang sangat membanggakan. Ibaratnya hal tersebut dapat menjadi penyejuk di tengah keterpurukan dunia pendidikan di Indonesia. Prestasi duta-duta Indonesia tersebut dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *