Blog

May 13, 2013

Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat SLTA 2013

Bahasa Inggris sudah menjadi bagian penting dalam persaingan dunia global. Dalam mengembangkan kemampuan berbahasa inggris tentunya tidak terlepas dari dukungan yang ada dari setia pelemen masyarakat baik masyarakat pada umumnya maupun masyarakat pelaku pengembang dunia pendidikan. Salah satu usaha yang dilakukan untuk mengembangkan talenta berbahasa inggris padakalangan generasi penerus adalah dengankegiatan Lomba Debat Bahasa Inggris seperti halnya yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun melalui bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan.
Di dalam debat Bahasa Inggris, terdapat tuntutan penggunaan kombinasi kemampuan berbahasa Inggris dan kemampuan berargumen. Debat ini menuntut siswa tidak hanya mengetahui isu-isu  global tetapi juga menganalisisnya sehingga dengan demikian informasi yang ingin disampaikan denganbaik.  Secara langsung, debat bahasa Inggris mampu menginternalisasikan kemampuan berpikirkritis dalam keterampilan berkomunikasi serta dapat mengembangkan kompetensi dikalangan siswa, sehingga nanti dapat  dijadikan sebagai batu loncatan untuk kompetensi pada event-event yang lebih bergengsi seperti pada tingkat Propinsi dan Nasional.

 

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah :
Meningkatkan daya saing lulusan Sekolah MenengahAtas (SMA) melalui media debat ilmiah, meningkatkan kemampuan bahasa Inggris lisan, dan menciptakan iklim kompetitif.
Meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis dan analitis, sehingga siswa mampu bersaing di tingkat nasional maupun international.
Mengembangkan kemampuan siswa untuk menyampaikan pendapat secara logis dan sistematis.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari di Wisma Karimun Dari tanggal 12 sampai dengan 14 Mai 2013 dan di ikuti oleh siswa-siswa se-Kabupaten Karimun yang berjumlah sebanyak 58 orang dan yang menjadi juri dari lomba debat bahasa Inggris ini adalah dari Pengawas dan Guru Satuan Pendidikan yang berkompeten dibidangnya.

 

Daftar Pemenang Lomba Debat Bahasa Inggris 2013

Juara 1  :  Desmond                                Sekolah  :  SMA Maha Bodhi
Juara 2  : Waleria Yogy Riady Putra          Sekolah  :  SMA Santo Yusuf
Juara 3  : Irfan Enriska                             Sekolah :  SMA 1 Karimun

Juri Lomba Debat Bahasa Inggris 2013

Dra. Suzana
Dra. Willi  Septinar
Petrus Piru, S.Pd

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *