Blog

May 20, 2013

Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Bidang Perencanaan SD-SMP Satu Atap dan SMP Se-Kabupaten Karimun Tahun 2013

Dinas Pendidikan memandang pentingnya diadakan pengembangan sumber daya manusia sebab pada saat ini pegawai merupakan asset yang sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.Disamping itu dalam kegiatan pengembangan sumberdaya manusia, perlu adanya koordinasi yang cukup baik antara setiap unit kerja yang ada didalam organisasi dengan bagian kepegawaian. Hal ini penting mengingat bahwa setiap unit kerja lebih mengetahui kebutuhan pengembangan yang bersifat pengetahuan dan ketrampilan teknis bagi pegawai yang berada di bawahnya. Oleh karena itu, bagian SDMP Dinas Pendidikan dalam hal ini berperan sebagai pendukung dalam pelaksanaan aktivitas pengembangan dan berhubungan dengan peningkatan ketrampilan dan pengetahuan teknis dari setiap unit kerja di sekolah.

Dalam tahap pengembangan sumber daya manusia ini terdapat dua aspek kegiatan penting yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, yakni kegiatan pelatihan dan kegiatan pengembangan sumber daya manusia itu sendiri yang dimaksudkan agar potensi yang dimiliki pegawai dapat digunakan secara efektif. Kegiatan pelatihan dipandang sebagai awal yaitu dengan diadakannya proses orientasi yang kemudian dilanjutkan secara berkelanjutan selama pegawai tersebut berada di dalam organisasi. CIDA (Canadian International Development Agency) seperti dikutip oleh Effendi (1993) mengemukakan bahwa pengembangan sumber daya manusia menekankan manusia baik sebagai alat (means) maupun sebagai tujuan akhir pembangunan. Dalam jangka pendek, dapat diartikan sebagai pengembangan pendidikan dan pelatihan untuk memenuhi segera tenaga ahli tehnik, kepemimpinan, tenaga administrasi. Pengertian di atas meletakan manusia sebagai pelaku dan penerima pembangunan. Tindakan yang perlu dilakukan dalam jangka pendek adalah memberikan pendidikan dan latihan untuk memenuhi kebutuhan tenagakerja terampil.

Dengan latarbelakang itulah Dinas Pendidikan Kab.Karimun Melalui Bidang Sumber Daya Manusia Pendidikan (SDMP) melaksanakan Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Bidang Perencanaan SD-SMP Satu Atap dan SMP Se-Kabupaten Karimun Tahun 2013

Adapun yang menjadi tujuan dilaksanakannya pelatihan ini adalah:

1. Membekali kemampuan dasar tentang Perencanaan

2. Memperkenalkan teknologi pengelolaan perencanaan sekolah

3. Melatih kemampuan dasar untuk mencari atau mendapatkan ide-ide perencanaan sekolah.

Pelatihan ini diharapkan memberikan manfaat antara lain:

1. Meningkatkan kualitas SDM Bidang Perencanaan dalam proses Perencanaan di Sekolah.

2. Membantu tenaga SDM Bidang Perencanaan dalam menyelesaikan masalah Perencanaan di Sekolah.

3. Meningkatkan sikap profesionalisme tenaga SDM Bidang Perencanaan di sekolah.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai 21 sampai dengan 24 Mei 2013 di Wisma Karimun Tanjung Balai Karimun dan dihadiri oleh SDM Bidang Perencanaan SD-SMP Satu Atap dan SMP Se-Kabupaten Karimun yang berjumlah 78 Orang dan narasumber dalam pelatihan ini adalah tenaga yang berkompeten yang berasal dari Pusbangtendik Kemdikbud Jakarta, Yaitu Bapak Imam Yuwono.


About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *