Seleksi Akademik Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah Kabupaten Karimun 2013

Dinas Pendidikan 22 Juli 2013 Bertempat di Hotel Nagoya Plaza Batam, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Melalui Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LKPPS) melakasanakan “Seleksi Akademik Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah” untuk Kabupaten Karimun

Kegiatan ini dibuka Oleh Kepala Seksi Sistem Informasi LPPKS Indonesia Ibu Farika Chadrasari S.P,M.M dan dihadiri Bapak Herdan Firdaus, S.Sos Kepala Bidang Pendidikan Menengah yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kab.Karimun yang kebetulan berhalangan hadir.

 

Sebagai upaya untuk menjamin mutu kepala sekolah/madrasah dan pemenuhan standar kompetensi kepala sekolah/madarasah sebagaimana tercantum dalam Permendiknas No.13 Tahun 2007, Pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 yang memuat sistem penyiapan calon kepala sekolah/madrasah, Penilaian Kinerja Kepala Sekolah, dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kepala Sekolah. Didalam permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 disebutkan bahwa sebagai syarat untuk diangkat menjadi kepala sekolah dan pengangkatan kepala sekolah/madarasah dilakukan melalui penilaian akseptabilitas oleh tim pertimbangan pengangkatan kepala sekolah/madrasah. Sistem penyiapan calon kepala sekolah ini akan dilaksanakan secara menyeluruh di Indonesia pada tahun 2013.

Sebagai sebuah sistem baru, sistem penyiapan calon kepala sekolah ini perlu diujicobakan (percontohan) pada sejumlah kabupaten/kota yang bersedia menjadi daerah percontohan program penyiapan calon kepala sekolah. Percontohan ini selain untuk memperoleh calon kepala sekolah berkualitas melalui tahapan program penyiapan juga memperoleh feedback terkait dengan penerapan program penyiapan kepala sekolah sehingga dapat diperoleh format terbaik dalam sistem penyiapan calon kepala sekolah sebelum dilaksanakan secara menyeluruh di Indonesia pada 2013.

Materi Seleksi Akademik terdiri dari Rekomendasi Kepala Sekolah/Madrasah dan pengawas Sekolah/Madrasah, Penilaian Kinerja. Penilaian Potensi Kepemimpinan (PPK) dan Penulisan Makalah Kepemimpinan (MK)

Peserta Kegiatan Seleksi Akademik adalah 88 orang guru, yang terdiri dari 32 orang guru Sekolah Dasar, 25 orang guru Sekolah Menengah Pertama dan 8 orang guru Sekolah Menengah Kejuruan dan 23 orang guru Sekolah Menengah atas

Kegiatan Seleksi Akademik Program Penyiapan Kepala Sekolah ini di bagi menjadi 3 sesi antara lain: Penilaian Potensi Kepemimpinan, Penulisan Makalah Kepemimpinan dan diakhiri dengan wawancara. Penilaian Potensi Kepemimpinan menggunakan analisis respond dengan rubrik terstandar dengan tiga kategori SM, M dan KM. Rubrik adalah rambu-rambu yang digunakan dalam menilai kualitas jawaban (respon) dari asesi berdasarkan kepada Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan Kompetensi dasar Kepala sekolah/madrasah (Permendiknas No.13 Tahun 2007)

Adapun Asesor dalam Seleksi Akademik ini antara lain :

1. Drs. Yuli Cahyono, M.Pd., LPPKS ( Penanggungjawab Akademik);

2. Drs. Tri Harsono Udjianto, MM.M,Pd., LPPKS ( Anggota )

3. Drs. Joko Wardojo, MT, LPPKS ( Anggota )

4. Drs. Sutar, M.Pd., LPPKS ( Anggota ).

5. Joko Priyadi, S.Pd.,LLPKS ( Anggota ).

6. Yohanes Manggar M.Sc LPPKS ( Anggota ).

7. ST. Nurjaningsih S.Si, MT LPPKS ( Anggota ).

8. Ir. Arianto Nugroho, MP, P4TK Pertanian Cianjur ( Anggota )