Kegiatan Pelatihan Penyusunan Program Kerja Osis Tingkat SLTA Se-Kabupaten Karimun tahun 2012

Dinas Pendidikan Kab.Karimun, Minggu Tanggal 27 Mei 2012 Kegiatan Pelatihan Penyusunan Program Kerja Osis Tingkat SLTA Se-Kabupaten Karimun tahun 2012 di Wisma Karimun kegiatan ini dilaksanaka selama 5 (lima) hari, adapun yang melatarbelakangi kegiatan ini adalah sebelum terbentuknya OSIS di sekolah-sekolah tingkat SMA terdapat organisasi siswa yang beranekaragam bentuknya baik intern maupun ekstern. Organisasi di sekolah yang bersifat ekstern bisa mengarah kepada hal-hal yang bersifat politis sehingga timbulah situasi yang tidak menguntungkan sebagai tempat diselenggarakannya proses belajar mengajar.

Akibat dari situasi tersebut, timbulah loyalitas ganda. Di satu pihak harus melaksanakan peraturan yang dibuat oleh sekolah, di lain pihak harus tunduk kepada organisasi yang di kendalikan dari luar. Untuk menginghadari terjadinya situasi yang tidak diharapkan dalam pelaksanaan beberapa program osis diperlukan beberapa pemahaman kepada kader-kader kepengurusan agar program-program yang dilaksanakan tepat sasaran dan terhindar dari unsur-unsur politis.

Pelaksanaan kegiatan OSIS harus berpedoman pada program kerja OSIS dan AD/ART OSIS. Dalam pelaksanaannyatersebut juga diperlukan organisasi serta kerjasama yang mantap, untuk mewujudkan menjadi cita-cita dan tujuan serta sasaran OSIS sebagai wadah, motivator, dan preventif sekolah. Untuk mewujudkan koordinasi dan kerjasama yang mantap terutama bagi pihak yang terkait, maka diperlukan sutu hubungan yang baik. Mulai dari perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian serta pertanggungjawaban serta pengembangan kegiatan.

Selanjutnya program kerja disusun berdasarkan aspirasi siswa secara demokratis. Dalam program kerja tersebut digambarkan, diuraikan, dan diinterprestasikan dalam segala bentuk kegiatan OSIS. Selain program kerja digunakan sebagai pedoman OSIS, juga dapat digunakan sebagai tolak ukur dalam proses kegiatan mulai dari perencanaan sampai pertanggungjawaban dan dipergunakan sebagai pengambilan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan.

Narasumber pada kegiatan ini berasal dari LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) Propinsi Riau, yaitu “Bapak Drs. H. Agus Halim, M.Pd dan Narasumber Lokal “Bapak Ngantar Tarigan, S.Pd

Adapun peserta Kegiatan Pelatihan Penyusunan Program Kerja Osis Tingkat SLTA Se-Kabupaten Karimun ini adalah Pengurus OSIS pada tingkat SLTA Se-Kabupaten Karimun sebanyak 54 orang