Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA/MA Tahun 2013

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jendral Pendidikan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan berbagai kegiatan dalam rangka pengembangan bakat dan minat siswa SMA/MA dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Kegiatan tersebut dilakukan dalam berbagai lomba baik nasional maupun internasional. Kegiatan lomba ini diharapkan dapat meningkatkan mutu siswa dalam menguasai ilmu-ilmu dasar, penguasaan bahasa asing serta membina sikap perilaku, dan budi pekerti yang baik.

 

Berdasarkan hasil-hasil yang telah diperoleh peserta indonesia dalam mengikuti olimpiade internasional serta tingkat kesukaran soal yang dilombakan dalam olimpiade tersebut, perlu dilakukan penjaringan siswa unggul dan berbakat, pembinaan yang intensif, khususnya siswa SMP/MTs, SMA/MA mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/ kota, provinsi hingga nasional.

Tujuan dari kegitan ini adalah untuk menjaring siswa yang mempunyai kompetensi / kemampuan dalam bidangnya masing-masing, yaitu matematika, fisika, bilologi, komputer, astronomi, kebumian, ekonomi dan geografi serta dapat menghasilkan calon yang bisa diandalkan dan diharapkan pemenang kabupaten sampai ketingkat internasional.

Matapelajaran yang dilombakan antara lain :

  1. Matematika
  2. Fisika
  3. Kimia
  4. Biologi
  5. Informatika / Komputer
  6. Astronomi
  7. Ekonomi
  8. Kebumian
  9. Geografi

Pelaksanaan seleksi Olimpiade Sains Tingkat Nasional berlangsung mulai tanggal 2 sampai dengan 8 September 2013 di Bandung Jawa Barat.

Tempat Pelaksanaan Tingkat Internasional Tahun 2014 :

  1. IMO      : Cape Town, Afrika Selatan
  2. IPhO    : Slovenia
  3. IChO    : Vietnam
  4. IBO      : Bali, Indonesia
  5. IOAA    : Romania
  6. IOI        : Taipei, Taiwan
  7. IESO    : Vermont, Amerika Sarikat
  8. IAO       : (Belum ditentukan)
  9. IGeO    : Polandia

Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten SMA/MA Se-Kabupaten Karimun tahun 2013 ini dilaksanakan pada tanggal 2 sampai dengan tanggal 3 April 2013 di Wisma Karimun, Tanjung Balai Karimun dan diikuti oleh siswa tingkat SMA /MA sebanyak 144 siswa.